Blog

DESAIN RUMAH KECIL DAN NYAMAN

Desain rumah kecil dan nyaman

Desain Rumah Kecil dan Nyaman

Kenyamanan sebuah rumah tidak pernah ditentukan dari ukuran. Luas sebuah hunian tidak menjadi faktor yang menentukan tingkat kenyamanan. Rasa nyaman bisa digambarkan dari luas tidaknya sebuah rumah. Namun ukuran tidak menjadikan masalah.

Dengan ukuran dan ruangan yang terbatas, untuk dapat menampilkan “kenyamanan” diperlukan sebuah desain dan penataan yang tepat. Desain denah dan interior yang sesuai dengan karakteristik bangunan dapat membuat rumah mungil terasa luas dan nyaman untuk ditinggali.

Di awal perencanaan Anda akan sedikit mengalami kesulitan saat menentukan desain yang tepat dikarenakan ukuran yang terbatas. Ukuran yang tidak luas, terkadang sulit dalam menentukan desain dekorasi untuk setiap ruangan. Disisi lain, rumah tipe kecil atau sederhana memiliki kelebihan yang tidak dimiliki rumah tipe besar, salah satunya adalah dapat menghemat anggaran.

Untuk desain fasad yang sederhana dan mengesankan, dapat ditambahkan unsur batu alam. Batu alam seperti andesit bisa membuat tampilan eksterior, khususnya bagian depan rumah kecil Anda akan nampak indah dan terasa lebih natural. Beberapa tumbuhan dapat ditambahkan agar berkesan menyatu dengan batu alam. Desain rumah kecil Anda akan terasa lebih nyaman.

Dapat juga menggunakan bata ekspos serta basalto tile untuk tampilan depan rumah agar memberikan kesan tersendiri. Pada sebagian desain rumah Anda dapat menggunakan bata ekspos atau basalto tile, supaya salah satu elemen dekoratif terlihat cantik.

Buat Anda yang masih single atau baru saja menikah, rumah type kecil dengan satu kamar tidur cukup untuk ditempati. Selain itu, masih ada area tersisa di bagian depan dan belakang rumah, yang dapat dimanfaatkan untuk membangun tambahan ruang.

Nah, untuk anda keluarga kecil dengan satu anak, Anda bisa merancang desain rumah tipe 27 untuk dua kamar tidur. Meski ada dua kamar, Anda masih mempunyai area taman di bagian depan dan belakang rumah.

Untuk menyiasati agar supaya ruangan tidak terasa sempit, hindari menggunakan sekat antar ruangan. Anda bisa menyatukan ruang tamu dengan ruang makan tanpa sekat atau pembatas. Ruang tamu juga bisa berfungsi sebagai ruang keluarga. Cukup menambahkan televisi di ruangan tersebut dan juga sofa sebagai pelengkap.

Selain menyatukan fungsi ruang tamu dan ruang makan, dapat juga menyatukan dengan pantry secara terbuka tanpa menggunakan penyekat. Penggabungan beberapa ruangan, Anda bisa memiliki beberapa fungsi ruangan dalam satu area seperti pada konsep lantai terbuka rumah modern masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.